Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasan Beserta Contohnya

materidancontoh – Para pembaca semuanya berikut ini adalah penjelasan tentang stuktur dari teks eksplanasi beserta contohnya sebagai referensi untuk mengerjakan tugas bahasa indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan simak langsung penjelasannya dibawah ini.

Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasan Beserta Contohnya
Secara garis besar, teks eksplansi memiliki tiga buah struktur utama. Struktur ini terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.

Pernyataan Umum
Pernyataan umum biasanya berisi informasi-informasi dasar yang bisa digunakan untuk pengenalan masalah.
  • Misalnya ada tragedi tsunami, masa isi dari pernyataan umum adalah apa itu tsunami, bagaimana bisa terjadi dan mungkin telah terjadi berapa kali di bumi ini. 
Pernyataan umum adalah sesuatu yang penting karena dari sinilah pembaca akan tahu duduk permasalahannya.  Menghilangkan pernyataan umum sama halnya merusak teks eksplanasi. Itulah mengapa bagian pembuka ini penting. Selain berisi gambaran umum, bagian ini juga berisi sesuatu yang baru, bisa berupa ilmu pengetahuan yang bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

Deretan Penjelas
Deretan penjelas berisi semua informasi dari fenomena yang ada.  Bagaimana peristiwa ini bisa terjadi ataupun tercipta.
  • Misalnya saat saat terjadi letusan Gunung Semeru. Apa yang menyebabkan Gunung Semeru yang awalnya diam menjadi bergejolak? Adakah hubungannya dengan aktivitas gunung-gunung yang ada di Indonesia? Penjelasan-penjelasan detail seperti ini ditulis dengan runut agar pembaca mampu memahami duduk permasalahannya. 
Selain penyebab dari suatu peristiwa, pada bagian ini juga dijelaskan tentang akibat dari peristiwa.
  • Misalnya akibat adanya kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan banyak sekali hewan yang mati dan asap mengganggu pernapasan hingga berbulan-bulan lamanya. 
Hubungan sebab-akibat ini harus ada karena merupakan bagian yang penting. Dengan adanya hubungan sebab-akibat, pembaca akan paham maksud dari teks ini dibuat. Informasi pun akan disebarkan dengan baik.

Interpretasi
Interpretasi berisi sebuah kesimpulan dari peristiwa yang terjadi.  Bagian ini sebenarnya opsional, boleh ada ataupun tidak.  Namun keberadaannya tetap ada untuk menutup sesuatu teks agar terlihat lebih sempurna.  Bagian interpretasi biasanya berisi kesimpulan singkat dari peristiwa yang telah terjadi. Biasanya berupa nasihat, wejangan, atau harapan dari sebuah masalah.
  • Misalnya sebuah harapan agar peristiwa seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi di masa depan. Atau agar korban peristiwa tersebut segera mendapatkan perhatian dari pemerintah. 
Contoh Teks Eksplanasi
Hujan Asam
Pernyataan Umum :
Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.

Urutan Sebab Akibat/Deretan Penjelas :
Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.

Sebenarnya terjadinya hujan asam secara alamiah disebabkan oleh aktivitas gunung berapi dan proses-proses biokimia yang terjadi di bumi ini seperti di rawa-rawa, tanah, laut, dan dimanapun itu. Tapi saat ini terjadinya hujan asam lebih banyak dikarenakan campur tangan manusia seperti dari industri dan kendaraan bermotor. Gas emisi yang dihasilkan di bumi dibawa oleh angin ke atmosfer.
Hujan asam yang sering terjadi saat ini dimulai ketika terjadinya revolusi industri di eropa, sejak saat ini mulailah terlihat dampak dari hujan asam yaitu terjadinya penurunan tingkat keasaman (pH) didaerah kutub dari 6 menjadi 4,5. Tidak hanya perubahan pH saja, dampak lain yang dirasakan bagi kehidupan dikutub adalah marinya organisme-organisme kecil disana yang disebut dengan diatom.
Perlu diketahui bersama bahwa hujan asam untuk pertama kalinya ditemukan pada 1852 oleh seseorang yang bernama Robert Angus Smith di Kota Manchester. Setelah berselang satu abad lamanya, tepatnya ditahun 1970-an, barulah ilmuwan banyak melakukan penelitian tentang hujan asam.Sejak tahun 1990-an orang mulai peduli dengan hujan asam yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Interpretasi :
Hujan asam merupakan peristiwa alam yang sangat mengkhawatirkan bagi umat manusia, hal ini karena hujan asam dapat berdampak sangat merugikan bagi kehidupan di bumi. Beberapa dampak hujan asam bagi kehidupan di muka bumi seperti rusaknya sarana prasarana (infrastruktur) di bumi, menghambat perkembangbiakan hewan-hewan laut, mematikan berbagai jenis ikan, menjadi racun bagi manusia, serta menyebabkan kerusakan lingkungan.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai struktur dari teks eksplanasi dan penjelasan beserta dengan contohnya, semoga bermanfaat.

Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasan Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown