Teks Eksplanasi Banjir Bandang Beserta Strukturnya

materidancontoh – Para pebaca semuanya simaklah beberapa contoh singkat dari teks eksplanasi banjir bandang beserta strukturnya sebagai referensi untuk mengerjakan tugas bahasa indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan simak langsung contohnya dibawah ini.
Teks Eksplanasi Banjir Beserta Strukturnya
Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum
Banjir adalah fenomena alam yang terjadi di kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Sedangkan secara sederhana, banjir didefinisikan sebagai hadirnya air suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.

Deretan Penjelas/Urutan Sebab Akibat
Penyebab utama banjir memang berasal dari curah hujan yang tinggi yang dapat mempengaruhi terjadinya banjir, Jika hujan besar turun terus menerus tentu air tidak akan langsung masuk ke saluran pembuangan air, melainkan air yang turun akan menjadi genangan. Dan genangan air tersebut lama-lama akan semakin menumpuk dan menjadi banjir, juga tentunya akan merusak aspal dan jalanan yang terkikis oleh air terlalu lama.  Tetapi semua itu tergantung dengan penampungan dan drainase di lokasi tersebut, jika drainase dan penampungan air tidak tidak lancar berarti penampungan tersebut tidak dirawat secara teratur sehingga membuat air hujan tersumbat tidak lancar dan akan menjadi penumpukan dan genangan besar yang jadi penyebab banjir.

Penyebab lainnya juga dapat karena air sungai yang meluap, karena tidak lancar saluran pembuangan air sehingga menyebabkan air sungai tidak mengalir dengan baik dan menjadi meluap keluar. Saluran air tidak lancar karena saluran tersebut tersumbat oleh sampah-sampah, sehingga bila curah hujan cukup tinggi dan dalam jangka waktu yang lama, seringkali menyebabkan banjir akibat luapan air sungai akibat ke tidak pedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Penebangan hutan secara liar tanpa memikirkan dampak akibat kerusakan hutan dapat menyebabkan banjir. Hutan pada dasarnya berfungsi sebagai daerah resapan air, menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut, dengan banjir yang terus terjadi dengan skala besar maka ada kemungkin menyebabkan tanah longsor.

Dampak/akibat dari banjir sendiri meliputi berbagai aspek misalnya :
Dapat menimbulkan korban jiwa  apabila arus air yang terlalu deras sehingga banyak penduduk yang hanyut terbawa arus.

Rusaknya areal pertanian dimana banjir mampu menenggelamkan areal sawah yang merugikan bagi
para petani dan kondisi perekonomian negara menjadi terganggu.

Rusaknya sarana dan prasarana, air yang menggenang memasuki partikel pada dinding bangunan, jika dinding tidak mampu menahan kandungtan air maka dinding akan mengalami retak dan akhirnya jebol.

Hilangnya harta benda, banjir dengan aliran yang berskala besar dapat menyeret apapun baik itu meja, pakaian, kursi, kasur, mobil, motor dan lain-lain.

Sebagai bibit/sumber penyakit, penyakit yang dapat ditimbulkan adanya banjir adalah gatal-gatal, Demam berdarah, dan banjir membawa kuman sehingga penyebaran penyakit sangat besar.

Interpretasi
Jadi sudah seharusnya semua orang menjaga lingkungan agar tidak menghadirkan bencana bagi banyak orang dan diri sendiri tentunya. Memulai dari hal kecil yang paling sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan lingkungan tempat tinggal, dengan melakukan hal-hal tersebut sudah cukup membantu lingkungan agar tidak terjadi banjir, menjauhkan diri dari musibah dan tetap menjaga kesehatan dari penyakit yang mudah timbul dan menular bila terjadi musibah banjir.

Teks Eksplanasi Banjir Bandang Beserta Strukturnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown