Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya (5w + 1h)

Contoh dan Materi Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan berbagi contoh dari salah materi bahasa indonesia yaitu teks berita. Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta diangkat menjadi berita.

Ada banyak sekali tema dari teks berita salah satunya adalah kesehatan, berikut ini beberapa contoh dari teks berita tentang kesehatan singkat semoga dapat membantu.
Teks Berita TV Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya (5w + 1h)
Pasien Flu Burung Dijauhi Warga
Keluarga pasien flu burung mengeluhkan perlakuan yang mereka terima dari lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Meski dokter menyatakan mereka negatif flu burung, warga sekitar tetap enggan berdekatan atau mengajak bicara.


Salah satu korban perlakuan tersebut adalah keluarga almarhum Ny. Riah. Pekan lalu, Ny. Riah meninggal akibat flu burung. Saat ini, Arif, anak Ny. Riah, masih dirawat karena positif flu burung.
”Sedih sekali. Waktu tahlilan meninggalnya kakak saya, yang datang cuma empat orang. Yang lain takut ketularan, katanya,” ujar Supriyanto, adik Ny. Riah, Kamis (18/1).

Supriyanto juga mengatakan, sekarang tetangga enggan lewat di depan rumah keluarga itu. Ia juga mengkhawatirkan kondisi Yusuf, suami Ny. Riah, yang sudah diperbolehkan pulang.
”Mereka tidak berpikir, bagaimana rasanya istri meninggal dan anak sedang sakit,” jelasnya.
Ia hanya dapat berharap dinas kesehatan lebih sering menjelaskan pada masyarakat bahwa pasien yang sudah negatif flu burung tidak berbahaya untuk didekati.

Kondisi yang sama juga dituturkan Ahmad, ayah dari Nurjamal (11), yang bersama keempat saudaranya pernah dirawat di RS Persahabatan karena diduga tertular flu burung.
”Sekarang, mereka selalu tutup hidung setiap lewat di depan rumah,” ujarnya.

Lebih jauh, ia juga menuturkan bahwa Nurjamal sering mengeluh dijauhi teman-teman sekolahnya. ”Saya jadi mikir bagaimana nanti dengan Karmila,” katanya membicarakan kakak Nurjamal yang saat ini masih dirawat dengan status suspect flu burung itu.

Padang Terjangkit Flu Burung
Seorang pasien yang diduga terjangkit flu burung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah M. Jamil, Padang, Sumatra Barat, Selasa, 21 November 2006. Bayi berusia 13 bulan itu dirawat karena panas badannya tidak turun selama tiga hari. Pihak rumah sakit belum memastikan pasien itu positif flu burung. Namun, pasien pernah bersentuhan dengan ayam mati di dekat rumahnya.

Pada bulan November tercatat tiga pasien dugaan flu burung dirawat RSUD M. Jamil. Dua terakhir adalah Adi Eka Putra, 11 tahun, dan Muhamad Rivaldi, 2,5 tahun, mengalami demam tinggi disertai flu yang mirip dengan gejala avian influenza. Kondisi dialami kedua pasien sejak puluhan ekor ayam tetangganya mati mendadak. Mereka sudah diizinkan pulang.

Dinas Kesehatan Sumbar menetapkan dua kabupaten, yakni Sawahlunto dan Dharmasraya sebagai daerah terkena flu burung. Pasalnya, di dua daerah itu terdapat jumlah unggas yang mati sebanyak 6.000 ekor. Sejauh ini Dinkes Sumbar juga belum dapat menemukan penyebab kematian ribuan ayam itu.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya (5w + 1h) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown