Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan Beserta Strukturnya (5w + 1h)

Contoh dan Materi Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan berbagi contoh dari salah materi bahasa indonesia yaitu teks berita. Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta diangkat menjadi berita.

Ada banyak sekali tema dari teks berita salah satunya adalah kecelakaan, berikut ini beberapa contoh dari teks berita tentang kecelakaan singkat semoga dapat membantu.
Teks Berita TV Tentang Kecelakaan Beserta Strukturnya (5w + 1h)

Keluarga Korban Ikut Mencari
Niat pihak keluarga penumpang untuk ikut mencari AdamAir DHI/KI 574 yang hilang dalam penerbangan Surabaya-Manado, Senin (1/1/07), akhirnya terlaksana. Pada hari ketujuh pencarian, keluarga penumpang yang berada di Makassar mulai mendaftarkan diri ke Posko SAR (Search and
Rescue atau Cari dan Selamatkan) di Lanud Hasanuddin, Makassar, untuk ikut dalam pencarian.
Diizinkannya anggota keluarga untuk ikut mencari pesawat nahas itu sesuai dengan instruksi Wapres Jusuf Kalla saat bertemu mereka, Sabtu (6/1/07). Namun, banyak anggota keluarga harus menunggu giliran karena yang boleh ikut per harinya sangat terbatas, yaitu hanya tiga orang.

Keluarga penumpang AdamAir yang ikut dalam proses pencarian pada saat itu adalah Handoko, Fani Duran, dan Yansen Paulus. Ketiganya berangkat dari Lanud Hasanuddin, pukul 07.00 WITA, menggunakan Boeing 737-200 milik TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara). Ketiga keluarga asal Manado tersebut mengitari area Tanatoraja, Mamuju, Selat Bone, perairan Palu, dan Poso.

Handoko mengatakan, diberikannya izin keluarga penumpang untuk ikut mencari pesawat merupakan hal yang paling berharga karena selama ini mereka hanya mendapat informasi dari media. Mereka mengaku kecewa dengan informasi yang simpang siur.

”Daripada kita tinggal di hotel saja, lebih baik ikut dalam pencarian sekaligus mengetahui seperti apa kendalanya sehingga pesawat yang hilang begitu sulit ditemukan,” papar Handoko yang mempunyai tujuh anggota keluarga di dalam pesawat AdamAir.

Handoko mengaku, setelah melakukan perjalanan menggunakan pesawat barulah diketahui begitu sulit mendeteksi keberadaan pesawat di semua area yang dilintasi tim SAR.
Hal berbeda dikatakan Yansen Paulus setelah melakukan pencarian bersama dengan tim SAR. Dia sangat kecewa melihat cuaca buruk serta medan sulit dan pegunungan terjal sehingga pesawat AdamAir sangat sulit dideteksi keberadaannya.

”Dengan kondisi seperti itu, saya pikir tidak mungkin kalau tim SAR melalui udara dapat menganalisa keberadaan pesawat, apalagi mau melihat pesawat jatuh di posisi mana,” urainya.
Yansen juga sempat mempertanyakan hal ini kepada anggota tim SAR di pesawat Boeing 737- 200. Barulah Yansen mengerti setelah dijawab bahwa pesawat ini hanya melakukan pengintaian dan pemantauan keberadaan pesawat.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan Beserta Strukturnya (5w + 1h) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown